Andalkan Bank Sampah dan Olahan Hasil Pertanian, Desa Banggae Takalar Optimis Juara Lomba Inovasi Desa

23

Laporan Jurnalis Takalar Jaya

Takalar-Kompas24.jam.id – Desa Banggae, Kecamatan Mangara Bombang, Kabupaten Takalar ikut lomba inovasi desa tingkat provinsi yang diikuti sebanyak 24 Kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua TPP Kecamatan Mangarabombang Kartina Syahrir mengatakan sebagai daerah yang terkenal dengan berbagai hasil pertanian seperti buah dan sayur, Desa Banggae mengandalkan inovasi aneka olahan hasil pertanian dan pengolahan sampah bank sampah untuk memikat perhatian tim penilai lomba desa.

“Berkat usaha keras bersama warga atau para petani Desa Banggae sehingga menghasilkan hasil inovasi pertanian yang menarik,” ungkap Kartina Syahrir, Seni 7/07/2019

Dia menyampaikan hasil tani unggulan meraih juara seperti buah melon, semangka, jagung, sayur-sayuran seperti bayam, cabai, dan bawang merah diolah menjadi keripik, juice.

“Sampah yang dihasilkan dari pengolahan hasil pertanian tersebut kemudian ditampung dipisahkan antara sampah organik dan non organik untuk dimasukkan dalam bank sampah”terangnya.

Lanjut Kartina menjelaskan bahwa terdapat juga inovasi pemberdayaan untuk pemuda desa perpusatakaan alam dan perpustakaan anak, seluruh inovasi desa tersebut dapat dilihat melalui website desa Banggae www. desabanggae.com”bebernya.

Diketahui Desa Banggae, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar terdapat 3000 orang warga dari empat Dusun, Dusun Jarannika, Dusun Banggae, Dusun Bolo dan Dusun Garassi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here