Antisipasi Kekeringan, Kades Cakura Takalar Siapkan Sumur Bor

18

Laporan Jurnalis Takalar – Jaya

Takalar – Kompas24jam.id – Kepala Desa Cakura Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan lakukan berbagai langkah menyikapi musim kemarau dan antisipasi terjadinya kekeringan.

Para kepala dusun dan kelompok tani Bunga Biraeng dibantu beberapa tokoh pemuda dan tokoh masayarakat melakukan pengeboran sumur di area persawahan warga setempat,.Kamis, 04, Juli, 2019.

Pengeboran sumur bor ini dilakukan akibat keluhan para petani akhir-akhir ini lantaran cuaca yang semakin panas dan ekstrim mengakibatkan para sawah petani kekeringan.

Puluhan hektar tanaman padi milik petani hampir mati karena terbatasnya sumber air dari drainase persawahan.

Kepala Desa Cakura Nurdiansyah memberikan solusi tanggap darurat dengan memfasilitasi beberapa titik sumur bor , termasuk memfasilitasi kelompok tani Bunga Biraeng dengan membuat sumur, agar air tersebut dapat dinikmati para petani padi.

“Selaku pemerintah Desa sudah menjadi kewajiban memperhatikan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk kepedulian “ucapnya

“Selain dari bantuan sumur bor yang di berikan oleh pemerintah Desa, ada beberapa diantaranya pembuatan sumur bor swadaya dari masyarakat dan para anggota kelompok tani” tambahnya Nurdiansyah.

Daeng Nakku petani padi berharap Dinas terkait dapat memberikan fasilitas berupa mesin pompa air agar masyarakat bisa meminimalisir gagal panen di area persawahan

“Saya sangat mengapresiasi langkah pemerintah Desa Cakura yang merespon cepat kondisi kekeringan yang melanda para petani padi , semoga ini dapat menjadi contoh untuk kepala Desa lainnya dan berharap melakukan hal yang sama”harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here