Antrian Panjang di Kantor BRI Cabang Jeneponto, Warga Abaikan Protokol Kesehatan Covid-19

  • Whatsapp
Foto-Warga berbondong-bondong mendatangi kantor BRI Cabang Jeneponto abaikan prokes.Selasa/20/2020.

Jeneponto-Kompas24jam.id-Dimasa pandemi antrian panjang di kantor Cabang BRI, Jalan Pahlawan, Kelurahan Empoang Kota, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Sulawesi selatan.Selasa/20/10/2020 abaikan prokes Covid-19

Warga yang terlihat berbondong-bondong dan berdesak-desakan antri di BRI untuk mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) dari Presiden Repuplik Indonesia, Joko Widodo melalui Mentri Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

Bacaan Lainnya

Padahal, bulan kemarin Bupati Jeneponto Iksan Iskandar telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 37 tahun 2020, tertanggal 31 Agustus 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Peraturan Bupati Jeneponto itu dimaksudkan sebagai pedoman bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan tatanan normal baru menuju masyarakat sehat aman dan produktif dalam masa pandemi covid-19.

Tujuan dari Perbup tersebut diatur pada pasal 3, diantaranya meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam mencegah terjadinya episenter atau cluster baru selama masa Pandemi Covid-19, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19.

Sementara subjek pengaturannya tertuang pada pasal 6, yakni perorangan diwajibkan melakukan 4 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Namun, masyarakarat yang datang kekantor BRI Cabang Jeneponto mengabaikan protokol kesehatan tidak menjaga jarak, bahkan saling bersentuhan, terlihat juga para security dan pegawai Bank hanya jadi penonton dan tidak menegur.

Menurut Daeng Nia, dia datang kekantor BRI karena mendapat SMS untuk mencairkan dana sebesar Rp.2.400.000 bantuan langsung tunai ( BLT) dari Presiden Joko Widodo, meski tidak memaki masker dan tidak jaga jarak serta saling bersentuhan.

“Battua mae pak ri BRI mange cairkan doe, nia sms antama rihapeku bantuan battu ri Presiden bede”saya datang ke BRI untuk mencairkan uang karena ada sms masuk dihenpon bantuan dari Presiden katanya” ditanya tentang tidak memakai masker dan jaga jarak serta saling bersentuhan, dia mengaku”kukaluppai maskerku riballa pak”lupa masker dirumah pak”ucapnya dengan menggunakan bahasa makassar.

Hingga berita ini diturunkan, belum bisa dikonfirmasi dari pihak Bank BRI Cabang Jeneponto, Sulawesi selatan.

 

Laporan Jurnalis Jeneponto-Karsar Kr

Editor-KJ

Pos terkait