Bintang Dua Resmi Buka Turnamen Pacuan Kuda Pangdam Cup di Jeneponto

Jeneponto, Kompas24jam.id, Pangdam XIV/Hasanuddinn Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki didampingi Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil beserta Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf.Agus Tanra dan unsur Forkopimda Kabupaten Jeneponto resmi membuka Turnamen Pacuan Kuda Pangdam Cup Kodam XIV/Hasanuddin.

Pacuan kuda berlangsung di Dusun Bonto Sunggu Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.Sabtu, 23/07/2022.

Bacaan Lainnya

Sebelum turnamen pacuan kuda Pangdam Cup dibuka, Bupati Iksan Iskandar Jeneponto menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat kesehatan dan kesempatan sehingga pada hari ini kita semua masih sempat datang berkumpul ditempat acara lomba pacuan kuda ini.

“Saya sangat mengetahui siapa beliau Bapak Panglimata, acara hari ini saya perlu menyampaikan kepada bapak Pangdam bahwa kurang lebih 6 tahun, acara turnamen pacuan kuda, baru lagi dilaksanakan di Kabupaten Jeneponto”ucapnya.

Bupati juga menambahkan, pacuan kuda dilaksanakan hanya tingkat desa dan tingkat kecamatan.Oleh karena itu mewakili seluruh masyarakat pencinta kuda di Kabupaten Jeneponto saya menaruh penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian bantuan prakarsa atas terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

Terpisah Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki diawal kata sambutanya, bahwa Kabupaten Jeneponto dipilih sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan lomba pacuan kuda Pangdam Cup karena kuda merupakan salah satu ternak yang sudah lama digemari oleh masyarakat.

“Olahraga ini merupakan atraksi budaya yang diminati oleh masyarakat Jeneponto sejak dulu.Disisi lain olahraga ini juga merupakan olahraga yang memiliki makna filosofi bagi masyarakat Jeneponto”katanya

Pangdam Hasanuddin juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah men-support penuh lomba pacuan kuda ini termasuk tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sini dan para sponsor.

“Mari kita sepakati dan saya minta kepada saribatang (saudara) mari kita tonton pacuan kuda ini dengan tertib, aman dan Insya Allah ini akan dilaksanakan selama dua hari”harapnya

Sebelum kata sambutan usai, Pangdam Hasanuddin berpesan kepada para peserta, agar jangan hanya fokus pada pencapaian prestasi akan tetapi lebih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan, utamanya kesiapan fisik yang baik, mengingat olahraga berkuda berpotensi menimbulkan resiko yang besar.

Turnamen pacuan kuda ini di hadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi selatan diwakili Kadis Perdagangan, Ashari Fahksiri Radjamilo, Kapolda Sulsel diwakili Wadir Samapta AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, Irdam Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Andi Kaharuddin, Danrem 142 Tatag Kodam Brigjen TNI Farouk Fakar, Danrem 143/H0 Kodam Brigjen TNI Yufti Senjaya, para asisten dan Kabalak Kasdam XIV/Hsn, Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir, Dandim 1426 Takalar Letkol Kav.Nanang Sujatmiko, Ketua Pordasi Prov. Sulsel Musain Arif, para Camat Kabupaten Jeneponto, Lurah/Kepala Desa, para tokoh masyarakat dan penonton sekitar ± 5.000 orang.

Laporan Jurnalis Jeneponto- Zainal Romo’

Editor-KJ

Pos terkait