Buntut Lurah Diganti Warga Jeneponto Demo:Herdiawan, Mana Wakil Bupati

  • Whatsapp
Ratusan warga Kelurahan Balang Beru melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Kecamatan Binamu dan kantor Bupati Jeneponto, Sulawesi selatan.Senin(04/01/2021).

Jeneponto-Kompas24jam.id, Ratusan warga Kelurahan Balang Beru melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Kecamatan Binamu dan kantor Bupati Jeneponto, Sulawesi selatan.Senin(04/01/2021).

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh warga sebagai bentuk protes dan tidak menerima Kepala Kelurahan Balang Beru diganti.

Bacaan Lainnya

Menurut Herdiawan DT dalam orasinya, dia menduga adanya intervensi oknum pimpinan daerah legislatif dan eksekutif sehingga Kepala Kelurahan Balang Beru diganti.

“Adanya dugaan pimpinan daerah legislatif dan eksekutif yang ikut campur dalam pergantian Kepala Kelurahan, kenapa tidak, saya menyakini karena dimana sebelumnya Pak Lurah telah memberhentikan kepala lingkungan yang ditahu dia adalah salah satu pendukung saat Pilkada dan Pilcaleg tahun lalu, mana wakil Bupati Jeneponto temui kami”riaknya

Padahal, kata Herdiawan, Lurah Balang Beru Suardi Badollahi yang baru beberapa bulan menjabat sudah memperlihatkan kedekatanya kepada masyarakat sehingga mendapat apresiasi, baik itu segi pembangunan, ke agamaan serta beberapa kebutuhan warga.

“Pergantian kepala lingkungan beberapa minggu yang lalu itu atas kesepakatan masyarakat sendiri lantaran adanya beberapa pelanggaran yang dilakukannya dan didasari dengan bukti-bukti dilapangan, sehingga diganti”katanya.

Para demontrans menuntut agar Bupati Jeneponto Iksan Iskandar selaku pucuk pimpinan teratas mengembalikan kepala kelurahan yang diganti, meminta agar Camat Binamu segera mengeluarkan SK kepala lingkungan yang direkomendasikan oleh pak Lurah serta meminta agar pimpinan eksekutif dan legislatif tidak ikut mengintervensi masalah ini.

“Apabila tuntutan kami tidak mendapat respon, dalam waktu 2 hari kedepanya, maka kami akan menurunkan massa yang lebih banyak, dan kantor kelurahan akan tetap tersegel hingga ada kejelasan dari pihak pemerintah”ancam Herdiawan.

Beberapa menit melakukan orasi para demontrans diterima diruangan Asisten I Haerul Gassing didampingi Camat Binamu Emil Ilyas, Kesbangpol Syarbini dan Kabag Pemerintahan Ahmad Saung.

Laporan Jurnalis Jeneponto-Redaksi
Editor-KJ

Pos terkait