Event Adat Tahunan Je’ne-Je’ne Sappara, Wabup Paris Yasir Sebut Memiliki Potensi Regional dan Nasional

  • Whatsapp
Event adat tahunan Je'ne-Je'ne sappara Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir sebut pesta rakyat Je'ne-je'ne sappara memiliki potensi regional dan Nasional.Rabu (22/9/2021)

Jeneponto- Kompas24jam.id, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir sebut pesta rakyat Je’ne-je’ne sappara memiliki potensi regional dan Nasional.Rabu (22/9/2021)

Event adat tahunan Je’ne-Je’ne sappara memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat khususnya warga Desa Balangloe Tarowang, Kecamatan Tarowang.

Bacaan Lainnya

Sebagai even adat tahunan Je’ne-je’ne sappara yang memiliki pilosofi yang sangat mendalam dan kaya akan nilai ditengah kehidupan bermasyarakat.

Gelaran acara seperti akpakbatte jangang(mengadu ayam), akjarang (berkuda) dan assempak(beladiri) menjadi momen yang selalu ditunggu dalam tiap tahunnya.

Bukan hanya masyarakat Balangloe Tarowang tetapi desa lainya, seperti desa Tino,Bungeng, Arungkeke, Togo-togo bahkan desa Rumbia dan Bangkala ikut serta dalam event tahunan tersebut.

Selain itu, Je’ne-je’ne sappara juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar dengan menjajakan beragam produk lokal khas Jeneponto.

Pada kesempatan closing ceremony event adat tahunan Je’ne-je’ne sappara tersebut wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir mengapresiasi kepedulian masyarakat Balangloe Tarowang.

Wabup Jeneponto menyebut masyarakat Balangloe Tarowang telah berhasil melestarikan adat sebagai local wisdom

“Je’ne-je’ne sappara ini adalah sebentuk pengetahuan, keyakinan, pemahaman serta adat kebiasaan dalam kehidupan komunitas ekologis yang patut dilestarikan”harapnya.

Paris berharap agar eksistensi Je’nek-je’ne sappara tetap terjaga keorijinalitasannya dan dapat dikemas secara baik sehingga potensi dapat ketingkat nasional.

“Je’ne-je’ne sappara ini adalah sebentuk kearifan lokal yang ketika dikemas dengan baik potensinya dapat menasional”ujarnya.

Laporan Jurnalis Jeneponto-MS
Editor-KJ

Pos terkait