Gelar Pendidikan Politik, Gerindra Jeneponto Kumpulkan Kader Menata Demokrasi yang Bermartabat

  • Whatsapp
Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra Jeneponto, menggelar pendidikan politik dan temu kader, untuk wilayah Kecamatan Tamalatea, Senin/14/September/2020.

Jeneponto-Kompas24jam.id-Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra Jeneponto, menggelar pendidikan politik dan temu kader, untuk wilayah Kecamatan Tamalatea, Senin/14/September/2020.

Kegiatan pendidikan politik dan temu kader digelar di kediaman Kader Gerindra, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea, Jeneponto, Sulawesi selatan.

Bacaan Lainnya

Tema temu kader ialah ” Penguatan partai poltik dan civil society membangun demokrasi bermartabat”

Hadir pada kegiatan tersebut seluruh pengurus PAC, pengurus ranting partai Gerindra se-Jeneponto

Adapun Narasumber Ketua DPC Jeneponto Andi Baso Sugiarto, Plt KPU Jeneponto Sapriadi Saleh, Bawaslu Jeneponto Hamka, Kepala Badan Kesbangpol Sarbini Mattewakkang, Anggota Dewan Gerindra H.Aripuddin, Hj Nurlaila Basir SH.

Ketua DPC Gerindra Jeneponto Andi Baso Sugiarto kepada awak media, menginstruksikan kepada seluruh kader partai Gerindra Jeneponto, untuk terus bersosialisasi ke masyarakat.

“Selain itu, para anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, diminta untuk turun langsung ke masyarakat dengan tujuan, untuk mengetahui persoalan kebutuhan masyarakat dan keluhan masyarakat yang harus diperjuangkan di DPRD Jeneponto”tegasnya

Kegiatan seperti ini telah rutin dilaksanakan oleh Gerindra Jeneponto, dalam rangka mempersiapkan partai Gerindra dalam menghadapi event event politik kedepannya.

“Kita aktif melakukan roadshow ke kecamatan dengan menggelar kegiatan seperti ini dan bertatap muka langsung dengan jajaran pengurus PAC, Ranting dan anak ranting, selain itu juga masyarakat akan lebih paham, hanya hanya tahunya mereka menjoblos saat pesta demokrasi” ujar mantan anggota dewan Jeneponto.

Selain itu, kata Kareang Tompo nama sapaanya menambahkan, bahwa Penguatan partai poltik dan civil society membangun demokrasi bermartabat dalam rangka mempersiapkan partai Gerindra dalam menghadapi event event politik kedepannya, dan kami oftimis meraih sembilan kursi saat pesta demokrasi berlangsung”terangnya.

Kepala Badan Kesbangpol Jeneponto Sarbini Mattewakkang apresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh DPC Gerindra, yang menurutnya baru kali ini partai Gerindra yang pertama mengadakan penguatan partai poltik dan civil society membangun demokrasi bermartabat.

” Selama menjabat Kesbangpol, baru kali ini partai Gerindra mengadakan penguatan partai politik dan civil society membangun demokrasi bermartabat yang kami harapakan partai lainnya pun sama apa yang dilakukan hari ini, karena anggaran kegiatan tersebut sudah tersedia”harapnya.

Terpisah Plt KPU Jeneponto, Sapriadi Saleh saya sangat mengapresiasi kegiatan pendidikan politik yang dilakukan oleh partai Gerindra. Semoga partai yang lain dapat melakukan kegiatan seperti ini. Karena pendidikan politik bukan hanya tanggung jawab penyelenggara semata. Pendidikan politik ini yang dilakukan Parpol tentu menjadi bagian dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana komunikasi politik.Parpol harus memainkan peranan sebagai penghubung antara yang memerintah dan diperintah.Parpol adalah jembatan yang menjelaskan kebijakan pemerintah dan pemerintah harus tanggap terhadap suara rakyat yang diartikulasikan lewat parpol

“Begitu pun dengan masyarakat sebagai civil society dalam demokrasi rakyat harus menjadi subyek.Rakyat tidak hanya sekedar menyalurkan hak pilihnya dibilik suara namun bagaimana hubungan pemilih dengan pemimpin yang dipilihnya pasca pemilihan.Ini yang harus terus dibangun oleh yang terpilih dengan yang memilih.Untuk itu harus ada kesadaran bersama memutus money politik sejak dini, kerja partai politik untuk melakukan pemahaman pengetahuan parpol kepada pemilih harus dilakukan secara kontinyu, agar proses penyadaran dan pengetahuan kepada pemilih berjalan rutin dan berkelanjutan”terang Sapriadi

Ditempat yang sama Bawaslu Jeneponto,Hamka mengapresiasi kegiatan pendidikan politik yang di lakukan partai Gerindra dan partai lainya seyogyanya melakukan pencerdasan politik dalam menata demokrasi yang bermartabat.

“Rakyat baik secara individu maupun kelompok masyarakat sekaligus sebagai civil society harus ditempatkan paling istimewa dalam setiap pelaksanaan pemilu dan pemilihan karena mereka yang memiliki kedaulatan tertinggi dalam berdemokrasi, maka dari itu kami Bawaslu selalu berinovasi untuk melakukan partisipatif dan pengawasan untuk melahirkan demokrasi yang berkualitas bukan hanya secara prosedural tetapi berharap subtansial”tegas Hamka

Kegiatan pendidikan politik dan temu kader digelar di kediaman Kader Gerindra, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea, Jeneponto, Sulawesi selatan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Laporan Jurnalis Jeneponto-Misbah Fadly Kr
Editor-KJ

 

Pos terkait