Kecamatan Baru Terbentuk, Ini Harapan Bupati Takalar

164

Laporan Jurnalis Takalar – Jaya

Takalar Kompas24jam.id – Perjuangan panjang kurang lebih 12 tahun lamanya untuk pembentukan sebuah Kecamatan baru di kabupaten Takalar kini membuahkan hasil, Kecamatan Pulau Tanakeke akhirnya terbentuk sesuai surat Kemendagri pertertanggal, 18, Juni, 2019.

“Kecamatan Pulau Tanakeke kini memiliki kode wilayah 73.05.10 yang menandakan bahwa Kecamatan sudah layak menjadi Kecamatan ke 10 di kabupaten Takalar.

Pulau Tanakeke merupakan pemekaran wilayah dari Kecamatan Mappakasunggu yang sudah ditetapkan melalui Perda no 3, tahun 2019, yang terdiri dari beberapa Desa yaitu, Desa Tompo Tana dengan kode wilayah 73.05.10.2001, Desa Mattiro Baji kode wilayah 73.05.10.2002, Desa Rewataya kode wilayah 73.05.10.2003, Desa Balangdatu 73.05.10.2004, dan Desa Maccini Baji 73.05.10.2005.

Kode wilayah ini disambut suka cita oleh Bupati Takalar menjadi sebuah pencapaian luar biasa yang berhasil diraih pada tahun kedua kepempimpinan Bupati H. Syamsari, S.Pt, MM dan wakil bupati Takalar H. Achmad Se’re, S.Sos.

“Terima Kasih kepada Gubernur Sulsel dan segenap jajaran Pemprov terkhusus Kemendagri yang telah memproses dan menyetujui usulan kami untuk membentuk Kecamatan kepulauan Tanakeke. Kita semua patut bersyukur kepada Allah SWT atas persetujuan dan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, DPRD dan tim yang telah bekerja di Pemkab telah menyelesaikan tugas untuk membentuk Kecamatan baru,” ucap Syamsari Kitta Bupati Takalar usai menerima kode wilayah ini.

Karena terbentuknya sebuah Kecamatan baru, Bupati Takalar kini mengajak seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Pulau Tanakeke untuk bahu membahu memajukan Kecamatan baru ini dengan terus menjaga dan meningkatkan produk unggulannya yaitu hasil pencairan ikan dilaut, rumput laut dan tambak.

“Kami akan mendorong agar Kecamatan ini bisa lebih mandiri. Tahun 2018 yang lalu, sudah difasilitasi untuk memperluas areal tanam padi, tinggal ditambah dengan hortikultura agar ada kemandirian pangan, pencetakan lahan garam seluas 21 hektar, semuanya untuk meningkatkan produktivitas kepulauan Tanakeke,” terang Syamsari.

Untuk Tahun 2019 ini, lanjut Bupati Takalar akan dibangun puskesmas baru sebagai wujud pemerintah kabupaten dalam mendekatkan dan peduli pelayanan terhadap masyarakat kepulauan.

“Kami akan berusaha terus untuk membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan dimulai dari fasilitas kebutuhan dasar. Mohon doa dan dukungan kita semua,” harap Syamsari Kitta

Dengan terbitnya kode wilayah Kecamatan ini, maka langkah terakhir yang akan dilaksanakan Pemkab Takalar sisa menunggu peresmian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here