Menikmati Pemandangan Alam di Hutan Pinus Paccumikang Jeneponto, Dijamin Betah Lenyapkan Stres

  • Whatsapp
Lokasi wisata di hutan pinus Paccumikang, Desa Jenetallasa., Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Sulawesi selatan

Jeneponto-Kompas24jam.id, Wisata di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi selatan menyajikan pemandangan alam seperti yang ada di Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Sulawesi selatan.

Kepala Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Sulawesi Selatan, Basir Suaming berharap agar lokasi wisata alam di desanya segera mendapat dukungan oleh pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Bacaan Lainnya

Bukan tanpa alasan, Basir berpandangan, sangat banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan di Desa Jenetallasa dan dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat.

“Jenetallassa itu kaya akan lokasi wisata alam, seperti hutan pinus Paccumikang, hal ini sangat menarik untuk dikembangkan sebagai ruang usaha bagi masyarakat setempat jika didukung oleh pemerintah Kabupaten,”katanya.

Menurut dia, beberapa hal yang patut menjadi perhatian utama seperti infrastruktur wisata atau akses jalan yang hingga belum tersentuh oleh pemerintah

Jika hal tersebut mendapat perhatian pemerintah, dirinya optimis Jenetallasa dapat menjadi lokasi wisata yang mandiri sekaligus bisa menjadi ikon wisata baru di Jeneponto dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

“Kami masyarakat Jenetallasa sudah mengupayakan untuk melakukan pembangunan serta dukungan dengan apa yang kami bisa kerjakan, namun demikian, masih banyak keterbatasan sehingga apa yang kami lakukan belum bisa berdampak banyak di lokasi wisata tersebut,” ungkap Bucek, sapaan akrab Basir Suaming

Bucek menegaskan, sejauh ini masyarakat di desanya selalu bergotong royong untuk mendukung lokasi wisata yang ada.

Termasuk, dalam hal promosi yang dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan sosial media sehingga dapat menarik perhatian wisatawan.

Dia juga menambahkan, salah satu faktor utama yang paling dibutuhkan agar dapat membuka lokasi wisata itu adalah akses jalan.

“Misalnya saja lokasi wisata di hutan pinus Paccumikang.Untuk menuju kelokasi harus ditempuh dengan jalan kaki dan menembus kawasan hutan, makanya kemudian, banyak masyarakat yang ingin berkunjung kesini namun terkendala akses jalan yang belum memadai”ucapnya

Salah satu keunggulan Jenetallasa, selain hutan pinus Paccumikang yang dapat dijual sebagai destinasi wisata adalah pemandangan alam dari ketinggian 1400 sampai 1600 Mdpl dibarengi suasana kesejukan asri alam pegunungan.

Laporan Jurnalis Jeneponto-Redaksi
Editor-KJ

Pos terkait