Musim Hujan, Petani di Jeneponto Gotong-royong Bersihkan Saluran Irigasi

  • Whatsapp
Kades Arpal, Muh Kasim bersama warga gotong -royong bersihkan saluran irigasi.Senin(11/01/2021)

Jeneponto-Kompas24jam.id,Untuk memperlancar penyaluran air irigasi, puluhan warga Desa Arungkeke Pallantikang, Kecamatan Arungkeke, Jeneponto, Sulawesi selatan bergotong-royong membersihkan.

Inisiatif ini atas inovasi Kepala Desa Arpal, Muh.Kasim untuk memotivasi masyarakat memasuki musim hujan, agar para petani tidak terhambat dalam penyaluran air irigasi.

Bacaan Lainnya

Pembersihan saluran irigasi warga sekitar mulai menyisir diarea persawahan di Dusun Bontotene.Senin(11/01/2021)

Menurut Kepala Desa Arpal, Muh.Kasim mengatakan, saat ini memasuki musim hujan, sehingga warga bergotong-royong membersihkan saluran irigasi yang tertimbun tanah serta ditumbuhi rumput dan sampah.

“Pembersihan saluran irigasi ini setelah dilakukan rapat antara warga dan pemerintah desa, sehingga hari ini terlaksana kegiatan tersebut, semangat para pekerja sangat antusias meski dibawah terik matahari”katanya.

Inisiatif ini atas inovasi Kepala Desa Arpal, Muh.Kasim untuk memotivasi masyarakat memasuki musim hujan, agar para petani tidak terhambat dalam penyaluran air irigasi.

Ini dilakukan, lanjut Kasim, untuk memperlancar air yang akan mengairi persawahan para petani yang mayoritas petani padi.

“Agar air saluran irigasi lancar tanpa ada hambatan dan tidak tersumbat, karena disini mayoritas para petani padi, yang nantinya warga sendiri yang menikmati hasil jerih payahnya”terang Purn TNI Kodim 1425 Jeneponto.

Dengan adanya kegiatan gotong-royong masyarakat setempat merasa senang karena solusi pengairan irigasi mulai diperhatikan oleh pemerintah desa.

Laporan Jurnalis Jeneponto-Misbah Fadly
Editor-KJ

Pos terkait