Musrenbang Kecamatan Tarowang Jeneponto Sempat Memanas, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

Laporan Jurnalis Jeneponto – Suardi 

Jeneponto – Kompas24jam.id – Sejak Pra Musrenbang pada tanggal 2 Maret lalu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut hadir. Kesemarakan itu terlihat dari tingkat partisipasi peserta sekitar 150 orang memadati Aula Kantor tempat dilangsungkannya kegiatan.

Bacaan Lainnya

Pada Musrenbang hari Rabu tanggal 4 Maret menghadirkan anggota DPRD Kabupaten Jeneponto Daerah Pemilihan V (Batang-Arungkeke-Tarowang).Tiga orang di antaranya Hanafi Sewang dari PAN, H.Ahmad Sahabuddin dari Golkar dan Abbas Lawa dari PPP.

“Pertama Pra Musrenbang terlaksana sesuai jadwal yang ditentukan berkat kerja keras dan kerja cerdas panitia pelaksana.Musrenbang berlangsung dengan sangat alot karena kepiawaian Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang bertindak sebagai moderator, serta seluruh Stakeholder dan para pemangku kepentingan juga hadir mulai dari delegasi, para Kepala Desa lengkap sampai utusan OPD.

Pelaksanaan Musrenbang tahun ini benar-benar menunjukkan bobot kegiatan. Mudah-mudahan pencapaian ini terawat dan dapat terus ditingkatkan”harap Camat Tarowang H. Abd Rahman Nara kepada awak media.

Suasana forum tampak memanas ketika issu sampah menggelinding. Mulai dari sampah pasar sampai kotoran sepanjang trotoar Desa Tarowang, Desa Pao dan Desa Bonto Rappo.

Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Tarowang Murni sempat menawarkan solusi alternatif agar pertemuan musrenbang tidak semakin memanas dengan menggagas terbentuknya Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dalam hal penanganan persampahan.

Abd Rahmat dari Dinas Lingkungan Hidup pentingnya dilakukan Interconnection Collaborative mengelola dan mengurangi volume sampah di Kecamatan Tarowang, sehingga sampah yang berpotensi menjadi biang penyakit justru berubah menjadi devisa keluarga. Interconnection Collaboratif dicontohkan.Misalnya, desa melalui APBDes menyediakan Kontainer Sampah, Dinas Lingkungan Hidup mengantar jemput sampah dari kontainer tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir sampah

Terpisah anggota DPRD Abbas Lawa yang tampil berapi-api menggaransi akan mengawal usulan penanganan banjir melalui revitalisasi kanal/sungai Tarowang.serta H.Ahmad Sahabuddin berjanji mengawal kepentingan rakyat melalui kebutuhan sarana perikanan kelautan bagi desa pesisir.Dan anggota DPRD incumben Hanafi Sewang berkomitmen mengawal kebutuhan sarana pendidikan, alsintan dan kebutuhan sarana produksi pertanian masyarakat.

PPTK Musrenbang Kecamatan Tarowang, Suardi, S.Ag menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memenuhi undangan kegiatan, mencurahkan segenap perhatian dan berkomitmen menjaga keberlanjutan program.

“Selaku Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Tarowang dan juga sebagai PPTK telah melakukan penyelarasan prioritas program agar proritas desa, prioritas kecamatan selaras dengan program strategis pemerintah kabupaten Jeneponto sehingga semua energi stakeholder tercurah dalam rangka mengakselerasi pencapaian Visi SMART Bupati Jeneponto”tutupnya Suardi

Pos terkait