Pohon Tua Bahayakan Pengguna Jalan di Jeneponto

Jeneponto, Kompas24jam.id- Para pengendara yang kerap melintasi Jalan poros Manjangloe, Kelurahan Bontotangga, Kecamatan Tamalatea Jeneponto khawatir dan was-was dengan adanya pohon tua yang berada di sepanjang jalan itu.

Baik pengendara sepeda motor atau mobil, saat melintasi jalan tersebut mereka harus menurunkan kecepatan kendaraannya karena takut sewaktu-waktu pohon tumbang. Apalagi akhir-akhir ini, wilayah Kabupaten Jeneponto kerap hujan.

Bacaan Lainnya

Pantauan Kompas24jam.id, Kamis (23/5/2024) di seputaran poros Jeneponto terdapat beberapa batang pohon tua yang sudah mati dan tidak memiliki daun.

Pohon itu hanya menyisakan batang dan ranting yang dipenuhi oleh tanaman parasit berjenis lumut.

Kondisinya sangat menghawatirkan, ranting pohon tersebut berterbangan jika tersapu angin.Ada juga batang pohon yang beserbangan rantingnya menyatu dan mengelayut ke jalan.

“Sangat bahaya, pohon yang mati harus segera ditebang.Sementara untuk pohon yang rantingnya menyatu dan menggelayut ke jalan harus dipangkas,” kata Daeng Gassing warga setempat.

Daeng Gassing juga mengatakan, bahwa pohon tua ini sudah pernah menyampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup, namun hingga kini belum ada responya.

“Pernahmi kami sampaikan ke BPBD dan DLH.Namun, hingga kini pohon itu belum ditebang juga, takunya ada korban pengguna jalan saat melintas dan sewaktu – waktu pohon itu akan tumbang”katanya.

Sama halnya dengan, Agus Imansyah (38) sopir angkot jurusan Tamalatea Bangkala berujar pohon-pohon tersebut mengancam sekali para pengguna jalan.

“Pohonya besar dan sudah tua dipenuhi lumut, selain itu ada juga pohon yang daunnya mengering, mungkin mati.Ya, ini bahaya dong kalau pas hujan apalagi pas hujan angin,” jelasnya

Masyarakat setempat berharap, pemerintah atau dinas terkait segera melakukan tindakan karena ini menyangkut dengan keselamatan para pengguna jalan

“Ya saya berharap, dinas terkait deh untuk segera bertindak, meski tidak ada hujan, ranting itu suka jatuh dan menimpa atap mobil, memang sih ga apa-apa, tapi kalau batangnya yang patah karena kena angin kan bahaya, bisa penyok atap mobilnya,” pungkas salah satu warga setempat

Laporan Jurnalis Jeneponto- Redaksi
Editor- KJ

 

 

Pos terkait