Polres Jeneponto Ungkap Penimbunan BBM, 3 Orang Terduga Pelaku Diamankan

  • Whatsapp

Laporan Jurnalis Jeneponto – Misbah Fadly Kr

Jeneponto – Kompas24jam.id – Kepolisian resort Polres Jeneponto ungkap penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Bacaan Lainnya

3 orang pelaku penimbun BBM bersubsidi jenis solar dan premium tertangkap tangan oleh polisi dan berhasil menyita 3 unit kendaraan roda empat dan 46 jerigen.

Para pelaku ditangkap oleh Personil Unit Patroli Sat Sabhara Polres Jeneponto, di SPBU Jalan Pahlawan, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Rabu (8/4/2020).

Ketiga pelaku, Onda (25) warga Dusun Embo, Desa Turatea, Kecamatan Tamalatea, Nasrun (35) warga Pammanjengang, Keluarahan Bontotanga, Kecamatan Tamalatea. Dan Firman Dg Tanga (40) warga Pammanjengang, Kelurahan Bontotanga, Kecamatan Tamalatea, Jeneponto.

Kasubag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul mengatakan bahwa terungkapnya kasus penimbunan BBM ilegal itu berawal saat Unit Patroli Sat Sabhara melaksanakan Patroli rutin.

Kemudian, polisi mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa terdapat mobil yang diduga mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Jalan Pahlawan.

“Atas informasi tersebut Unit Patroli Sabhara melakukan pengecekan terhadap SPBU yang dimaksud dan menemukan mobil yang berisi Jerigen yang dilengkapi dengan pompa dan selang yang terhubung ke tangki mobil yang sudah di modifikasi,” ujar AKP Syahrul

Lanjut Syahrul, penimbunan BBM jenis premium yang dilakukan para pelaku tersebut diduga bekerja sama dengan pengawas dan petugas operator pompa bensin.

“Penimbunan BBM jenis Premium yang dilakukan oleh para pelaku diduga bekerja sama dengan pengawas, petugas dan operator pompa bensin,” ungkapnya

Perbuatan para pelaku serta pengawas petugas dan operator, merupakan perbuatan melanggar.

“Pelaku yang bekerjasama dengan pengawas, petugas dan operator itu perbuatan melanggar hukum undang – undang nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi,”ungkap Syahrul

Selanjutnya, para terduga pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Jeneponto untuk proses lebih lanjut.

Pos terkait